Hacker

Peretas (Inggris: hacker atau cracker) adalah orang yang mempelajari, menganalisa, dan selanjutnya bila menginginkan, bisa membuat, memodifikasi, atau bahkan mengeksploitasi sistem yang terdapat di sebuah perangkat seperti perangkat lunak komputer dan perangkat keras komputer seperti program komputer, administrasi dan hal-hal lainnya , terutama keamanan.
Hacker dibagi menjadi 2 golongan White Hat Hackers dan Black Hat Hackers, dimana fungsi dan pekerjaan yang dilakukannya berbeda.
White hat hacker adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada peretas yang secara etis menunjukkan suatu kelemahan dalam sebuah sistem komputer. White hat secara umum lebih memfokuskan aksinya kepada bagaimana melindungi sebuah sistem, dimana bertentangan dengan black hat yang lebih memfokuskan aksinya kepada bagaimana menerobos sistem tersebut.
Black hat hacker adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada peretas yaitu mereka yang menerobos keamanan sistem komputer tanpa ijin, umumnya dengan maksud untuk mengakses komputer-komputer yang terkoneksi ke jaringan tersebut. Istilah cracker diajukan oleh Richard Stallman untuk mengacu kepada peretas dalam arti ini.

Baca artikel lengkapnya disini

Nah itu sekelumit definisi dari “Hacker“, tapi di zaman sekarang hacker diidentikkan dengan seseorang yang bertangan dingin dalam mengutak-atik program komputer dan melakukan upaya-upaya penerobosan suatu sistem komputer tanpa otorisasi yang sah dengan tujuan untuk mengambil atau mencuri sesuatu.

Hacker sebenarnya memiliki kode etik yang pada mulanya diformulasikan dalam buku karya Steven Levy berjudul Hackers: Heroes of The Computer Revolution, pada tahun 1984.

Kode etik hacker tersebut, yang kerap dianut pula oleh para cracker, adalah :

  1. Akses ke sebuah sistem komputer, dan apapun saja dapat mengajarkan mengenai bagaimana dunia bekerja, haruslah tidak terbatas sama sekali
  2. Segala informasi haruslah gratis
  3. Jangan percaya pada otoritas, promosikanlah desentralisasi
  4. Hacker haruslah dinilai dari sudut pandang aktifitas hackingnya, bukan berdasarkan standar organisasi formal atau kriteria yang tidak relevan seperti derajat, usia, suku maupun posisi
  5. Seseorang dapat menciptakan karya seni dan keindahan di komputer
  6. Komputer dapat mengubah kehidupan seseorang menjadi lebih baik.

Referensi :
“Memahami Karakteristik Komunitas Hacker : Studi Kasus pada Komunitas Hacker Indonesia”
Donny B.U., M.Si.

Buatlah sebuah pertanyaan kecil untukku hari ini. Katakan jika kamu
cocok dengan deskripsi di bawah ini. kamu mendapatkan net account beberapa
bulan yang lalu. kamu sudah surfing di internet, dan kamu bercanda di banyak
media yang melaporkan informasi superhighway. kamu telah mempunyai red
box, kamu tidak perlu membayar untuk menelepon. Kamu mempunyai
crackerjack, dan kamu telah menjalankannya di file password pada sebuah unix
dan kamu mendapatkan sebuah account. Semua orang di sekolahmu salut
dengan pengetahuanmu tentang komputer, kamu adalah satu-satunya orang
yang diminta gurumu untuk membantunya. Apakah kamu seperti itu? kamu
bukanlah seorang hacker.

Ada ratusan orang sepertimu di luar sana. Kamu membeli 2600 dan kamu
bertanya. kamu membaca phreack dan kamu bertanya. kamu bergabung dengan
#hack dan kamu bertanya. kamu menanyakan semua pertanyaan, dan bertanya
apa yang salah dengan itu? Intinya, untuk menjadi hacker adalah bertanya
tentang sesuatu, benar begitu? Semua yang kamu ingin tahu adalah jawaban dari
pertanyaanmu. Kamu bukanlah hacker.

Hacking bukanlah tentang jawaban. Hacking adalah tentang jalan yang
kamu ambil untuk mencari jawaban. jika kamu membutuhkan bantuan, jangan
bertanya untuk mendapatkan jawaban, bertanyalah tentang jalan yang harus
kamu ambil untuk mencari jawaban untuk dirimu sendiri. Karena bukanlah
seseorang yang memiliki jawaban yang disebut hacker, tetapi orang yang
melakukan perjalan sepanjang jalan.

-RedDragon-
Diterjemahkan oleh ^rumput_kering^ dari Hacker’s Toolkit ver.2.0 dengan judul
asli “are you a hacker ?”

15 Comments

  1. Salam Kenal,

    saya alumni Gunadarma angkatan 2002 jurusan Akuntansi, baru-baru ini saya sangat tertarik mengenai teknik2 hacking. tolong dong bantuannya untuk mengajari saya dari dasar. saya senang dan berminat sekali untuk mendalaminya. tolong ya di kirim ke email saya fanny_rsaputra@yahoo.co.id atau ada alternatif lain supaya saya dapat belajar mengenai teknik2 tersebut. trims

  2. Salam kenal kembali,

    Sebenarnya untuk membelajari teknik2 yang dibilang dengan hacking, cracking, dll itu bukan hanya dari membaca sebuah bacaan, tapi yang diperlukan itu praktek dan kemauan untuk mencobanya langsung. Tapi klo memang anda ingin belajar, cobalah untuk bersosialisasi dengan join forum dan aktif di forum itu yang bnyk di internet. Banyak kok dari mereka yang senang share ilmunya. Saya kebetulan tidak mempunyai bahan khusus mengenai hacking, terlebih lagi saya bukan seorang hacker🙂 googling dan praktek….

  3. alamat email kk irfan apa sih

  4. yang namanya hacking itu ga merasa seorang hacker,… karna seorang hacker ga mau mengaku seorang hacker..

    ngerti kan…
    img src=”http://i213.photobucket.com/albums/cc114/cerminlangit/asma.gif” width=”200″ height=”100″ title=”echo community” border=”0″>

  5. yang namanya hacking itu ga merasa seorang hacker,… karna seorang hacker ga mau mengaku seorang hacker..

    ngerti kan…

  6. gimana cara jd hacker yang ajib tp rapih?

  7. hacker adalah seni (menurut susanto/hacker indo terhebat)

    kalo menurut saya, hacker adalah suatu sistem yang bergerak menurut kemauan sendiri dan imaginasi mustahil orang lain. sehingga hacker dapat menjalankan perintah semau dirinya sendiri.

    pokoke sakkarepku!

    ssalam kenal dari ponorogoblogger

  8. salam kenal mas, aq anak jombang, aku ingin belajar sedikdit ma mas. soal dasar-dasar bahasa hacker.

  9. janan lupa karim jawaban ke E mail ku ya mas

  10. hai hai

    aq iio,, aq pengen bljr banyak nie tentang hacker and trik2 dasarnya
    tar di kirim email aq yc trik2 dasarnya.oK
    rioanakbangsa@ymail.com

  11. jujur saya masih awam banget tentang hacker2. saya pernah nonton film “sword fish” si hacker dlm film terserbut hebat banget, dia bisa memindahkan duit dari satu rekening ke rekening lain. sejak saat itu saya jadi pengen belajar cara menjadi hacker (tp hacker yg baik pastiinya)
    ajaring dong bang cara hacker buat pemula spt saya.. trims

    eh jgn lupa mampir di blog saya http://doanmandala.wordpress.com
    tku…..

  12. saya istri pertama dari kelima istri suami saya.saya tidak rela uang itu jatuh ketangan orang lain.untuk itu saya mohon petunjuk cara memindahkan rekening suami kedalam rekening saya tanpa ketahuan.saya tidak ingin dia membenci saya. saya mencoba membuka paypal atas namanya.bagaimana cara memindahkan kerekening saya.bank apa yang harus saya buka rekening untuk memindahkan.bisakah saya memindahkan keliberty.

  13. cara mudah belajar hacker…belajarlah dari pengalaman seperti yang di katakan di atas, karena hacker jarang menyebutkan dirinya hacker. Sekedar pengetahuan, menurut saya sih belajar hacker tidak perlu bisa mengerti OS Linux, tapi dengan WINDOWS pun jika seseorang ada kemauan dalam dirinya, hehehe….pastilah bisa. salam.
    belajar banyak dari sini :
    http://google1945.blogspot.com/

  14. Tolong donx bagi ilmunya giman caranya jadi hacker . . . sedikit aja meskipun cuman jadi pemula.Plisssss!!!!!!!!!!!!!!

  15. Ada ratusan orang sepertimu di luar sana. Kamu membeli 2600 dan kamu
    bertanya. kamu membaca phreack dan kamu bertanya. kamu bergabung dengan
    #hack dan kamu bertanya. kamu menanyakan semua pertanyaan, dan bertanya
    apa yang salah dengan itu? Intinya, untuk menjadi hacker adalah bertanya
    tentang sesuatu, benar begitu? Semua yang kamu ingin tahu adalah jawaban dari
    pertanyaanmu. Kamu bukanlah hacker.

    Hacking bukanlah tentang jawaban. Hacking adalah tentang jalan yang
    kamu ambil untuk mencari jawaban. jika kamu membutuhkan bantuan, jangan
    bertanya untuk mendapatkan jawaban, bertanyalah tentang jalan yang harus
    kamu ambil untuk mencari jawaban untuk dirimu sendiri. Karena bukanlah
    seseorang yang memiliki jawaban yang disebut hacker, tetapi orang yang
    melakukan perjalan sepanjang jalan.

    -RedDragon-
    Diterjemahkan oleh ^rumput_kering^ dari Hacker’s Toolkit ver.2.0 dengan judul
    asli “are you a hacker ?”


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

